Daihatsu merupakan salah satu pabrikan otomotif yang rajin mendaftarkan paten mobil di Indonesia. Baru-baru ini, pabrikan asal Jepang tersebut mengikutkan paten mobil di Indonesia melalui situs Direktorat Jenderal Kekayaan Indonesia, (DJKI) Kemenkumham. Lebih tepatnya pada Berita Resmi Desain Industri No. 43/DI/2022 yang diterbitkan pada tanggal 27 Desember 2022.


Meski tidak disebutkan nama modelnya, diduga kuat bahwa paten dengan nomor permohonan A00202204643 merupakan Daihatsu Tanto FunCross, sedangkan paten dengan nomor permohonan A00202204644 adalah Daihatsu Tanto Custom.


baca juga dealer mobil daihatsu


Kedua paten ini didaftarkan oleh Daihatsu Motor Co., Ltd dari Osaka, Jepang.


Daihatsu Tanto Custom 

Daihatsu Tanto Custom (Daihatsu)

Perbesar

Daihatsu Tanto Custom (Daihatsu)


Daihatsu Tanto Custom merupakan varian yang lebih sporti dari kei car Daihatsu Tanto. Berbeda dengan Tanto non-Custom, versi ini mendapatkan tampilan yang lebih tajam dan agresif.


Mobil ini menyandang bentuk bodi serba mengotak dengan pintu samping geser untuk mempermudah akses keluar masuk penumpang. Tanto Custom mendapatkan bodykit sporti, fascia depan berbeda dan pelek two tone yang terlihat lebih premium,


Interior mobil ini juga terlihat istimewa dengan banyaknya penggunaan warna gelap di area dasbor hingga kursi penumpang. Beberapa fitur interiornya termasuk head unit besar, speedometer digital, beragam tempat penyimpanan, serta AC digital otomatis.


Sama seperti mobil-mobil kei car Daihatsu lainnya di Jepang, Tanto Custom mendapatkan fitur keselamatan aktif Smart Assist. Artinya mobil mungil ini sudah tersedia dengan Adaptive Cruise Control, Collision Mitigation Braking System dan fitur lainnya.


Daihatsu Tanto Custom mengandalkan mesin 660cc tiga silinder yang menghasilkan daya 52 PS. Lalu varian turbo mendapatkan kenaikan performa menjadi 64 PS. Setiap model tersedia dengan girboks CVT dan pilihan antara penggerak roda depan (FWD) atau penggerak empat roda (4WD).


Mobil ini dibanderol mulai dari 1.782.000 Yen atau Rp 208,8 juta (dengan kurs 1 Yen =  Rp 117,18), hingga tipe termahal Custom RS Turbo 4WD dibanderol 1.991.000 Yen atau Rp 233,3 juta.


baca juga harga mobil daihatsu


Daihatsu Tanto FunCross

Daihatsu Tanto FunCross (Daihatsu)

Perbesar

Daihatsu Tanto FunCross (Daihatsu)


Sementara Daihatsu Tanto FunCross bisa dikatakan sebagai versi off-road look dari Tanto dan Tanto Custom. Mobil ini dirancang bagi keluarga muda yang menyukai berpetualang di alam terbuka.


Tampilan Tanto FunCross terlihat lebih tangguh dan kekar dibanding model Daihatsu Tanto lainnya. Kei car ini disematkan beragam body cladding berwarna hitam di sekitar bodi, layaknya sebuah crossover. Versi ini juga mendapatkan desain pelek berbeda.


Deretan fitur interior Tanto FunCross kurang lebih sama seperti Tanto Custom. Namun Daihatsu membuat model ini lebih menarik dengan berbagai aksen kayu di dasbor dan panel pintu, serta jok dengan corak camo yang unik.


Daihatsu Tanto FunCross juga disematkan fitur keselamatan Smart Assist. Dengan demikian mobil ini sudah mempunyai fitur Lane Keep Assist, Traffic Sign Recognition, Auto High Beam dan peranti canggih lainnya.


Begitu juga dengan pilihan mesin Daihatsu Tanto FunCross. Mobil mungil imut ini tersedia dengan mesin 660cc tiga silinder dengan output 52 PS atau 64 PS untuk varian Turbo. Pilihan terbatas pada transmisi CVT dan tersedia dengan FWD atau 4WD.


Harga Daihatsu Tanto FunCross tercatat pada angka 1.721.500 Yen atau Rp 201,7 juta hingga tipe termahal Turbo dibanderol 1.930.500 Yen atau Rp 226,2 juta.